Jumat, 22 Juni 2012

Manusia dan Kegelisahan yang lumrah dialami

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Manusia dan Kegelisahan, dimana arti kegelisahan itu adalah Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan,mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala memandang jauh kedepan sambil mengepal-ngepal tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicaran dan lain-lain.
Gelisah itu hampir setiap orang merasakannya, sering kali. Kegelisahan itu datang disaat kita sedang panik akan suatu hal . Ambil contoh saja saat saya Gelisah saat menghadapi Ujian Nasional SMA ( Sekolah Menengah Atas). Saat mendekati Hari Ujian , rasa gelisah muncul dalam hari hari saya. Saya takut saya tidak lancar mengerjakan Ujian, dan saya takut tidak lulus. Di setiap saat  saya gelisah tak menentu dan membuat hari hari saya menjadi aneh karena rasa gelisah itu. Hari demi hari dan tak terasa Ujian sudah di depan mata. Dengan belajar maksimal akhirnya saya dapat mengatasi rasa gelisah itu. Dan rasa gelisah tidak selesai sampai disitu. Setelah ujian pun saya masih gelisah, apakah saya benar menjawab pertanyaan itu? apakah saya mampu mendapat nilai bagus? apakah saya bisa lulus?
Hari demi hari saya lalui dengan gelisah dan gelisah, menunggu hari pengumuman tiba. Gelisah dan gelisah dan gelisah. Hanya itulah yang saya rasakan. Tak hanya  saya yang merasa itu, tapi semua teman teman saya juga begitu. Banyak hal yang dilakukan agar rasa gelisah yang dirasakan meminimalisir. Seperti jalan jalan, kumpul kumpul, pergi kesana kemari. Dan benar, rasa itu bisa teratasi. Sungguh gelisah itu sangat menyiksa diri. Hal ini biasa dialami setiap orang, dan setiap orang punya cara masing masing utk mengatasi masalah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar